Minggu, 23 Mei 2010

MENGEMBANGKAN IDE DAN KREATIFITAS KITA

Kita semua adalah manusia luar biasa.. banyak kita yang sudah tidak lagi menyadarinya. Hal ini mungkin karena kita jarang sekali melihat kemampuan yang kita miliki. Pengaruh lingkungan, kehidupan, perkembangan tekhnologi dan perubahan sikap mental kita membuat semua kemampuan kita tertutup dengan kondisi tersebut.

Mari kita coba menghitung apa yang dulu pernah kita lakukan. Dari mulai membuat mobil-mobilan dari sandal jepit bekas sampai membuat senapan dari papan dengan peluru yang beraneka ragam. Saat ini semua anak yang berada khususnya didaerah perkotaan, lebih senang dengan cara membeli tanpa pernah melakukan proses kreatifitas seperti yang pernah dilakukan oleh anak-anak pedesaan atau kita sendiri dahulu. Mungkin karena dahulu kehidupan kita agak lebih sulit dibandingkan sekarang, sehingga tidak banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran yang berharga seperti yang pernah dilakukan oleh orang tua kita dahulu. Segala hal saat ini begitu mudah untuk kita dapatkan dengan aneka ragam bentuk dan tentunya harga.

Namun ketahuilah bahwa itu semua akan membuat kehidupan kita terasa sulit, karena akhirnya uang merupakan hal yang paling penting dalam kondisi seperti itu. Pada saat saya dan Bapak Iskandar Lubis membicarakan hal ini dalam perjalanan kami menuju kota Pasaman Sumatera Barat, kami mencoba mengenang kembali saat-saat kami masih berusia 5 – 12 tahun. Semua kebutuhan permainan yang kami miliki adalah hasil dari tangan kami sendiri. Membuat mobil-mobilan misalnya. Saya mencari papan-papan bekas dan mencoba membuat kerangka seperti layaknya sebuah mobil truk mini. Dan untuk bannya saya memakai sandal jepit bekas yang saya dapatkan dari tong sampah ataupun sandal jepit orang tua yang sudah tidak terpakai.. hahahahahaha… hmmm kemana kemampuan imajinasi itu saat ini??? Sama halnya dengan Bapak Iskandar Lubis, beliau malah mampu menjual pistol dan senapan buatannya kepada teman-temannya, padahal semua bahan yang dia gunakan hanya barang-barang bekas yang sudag tidak lagi dipergunakan orang.

Kisah kami ini adalah sedikit kisah dari kehidupan kami pada waktu kecil, bahkan saya dapat memastikan, kita semua punya pengalaman yang begitu berharga dalam mengembangkan ide kreatifitas kita semua diwaktu kecil. Dan ketika ide kreatif itu ada yang membuat dalam bentuk dan kondisi yang lebih baik, maka hasilnya adalah sebuah kesuksesan. Saat ini dipasar-pasar tradisional banyk kita jumpai ide kreatif itu menjadi punya nilai ekonomis, walaupun tidak begitu berkembang namun peminat cukup banyak. Dan yang tinggal adalah bagaimana semua permainan itu dikemas dan dibentuk menyerupai aslinya. Kemampuan produk-produk china yang digemari anak-anak saat ini adalah bukti bahwa ide kreatifitas kita semua yang pernah ada dijadikan orang lain untuk kesuksesan mereka.

Untuk itu jangan pernah mengeluh hidup ini susah ataupun payah, hanya karena kita saat ini dihimpit kesulitan. Namun teruslah berjuang, temukan apa yang bisa kita lakukan dari lingkungan sekitar kita. Masyarakat kita selalu bangkit dan menghilangkan rasa minder, malu atau apapun pada saat sudah mengalami kesusahan yang teramat sangat, padahal tidak perlu gengsi untuk melakukan sesuatu yang benar, tidak perlu malu untuk berbuat yang terbaik dalam hidup ini, namun malulah kita pada saat kita melakukan tindakan yang kurang terpuji bahkan sampai melukai hati dan menganiaya orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar