Minggu, 23 Mei 2010

KEBAHAGIAAN BISA DICAPAI DENGAN BERSYUKUR

Banyak hal yang dapat kita pelajari baik dalam suka maupun duka dari setiap langkah perjalanan hidup kita. Namun terkadang selalu terlewatkan begitu saja. Hari ini saya mendapatkan pelajaran yang berharga bahwa apa yang saya dan teman-teman lakukan hari ini adalah sesuatu yang bisa dijadikan cermin dalam merubah sikap dan prilaku kita untuk lebih baik.

Dalam melakukan sesuatu memang terkadang perlu keceriaan, semangat yang luar biasa dan fokus terhadap tujuan. Namun bukan tidak mungkin hal itu bisa hilang bahkan menjadi sesuatu yang menakutkan buat kita. Sebagai contoh seseorang yang ingin bahagia dalam segala hal akhirnya putus asa hanya karena begitu banyak biaya dan waktu serta perjuangan yang telah dia habiskan namun kebahagiaan itu tidak kunjung datang. Padahal kebahagiaan itu selalu dekat dengan diri kita sendiri. Tapi saya yakin bahwa banyak kita yang menganggap bahwa kebahagiaan itu adalah ketika kita memiliki uang banyak, tidak memikirkan apa yang akan dimakan untuk esok hari, memiliki bahkan lebih dari apa yang dimiliki orang lain dan sebagainya, dan ketika itu semua tidak kita dapatkan kita selalu menganggap bahwa kita sudah hancur dan akhirnya berhenti meraih impian kita.

Tapi pernahkah kita coba berpikir bahwa mengapa Allah S.W.T tidak atau belum mau memberikan apa yang kita impikan itu bisa kita dapatkan?

Ternyata semua kebahagiaan yang sebagian dari kita maksudkan adalah sesuatu yang sebenarnya merupakan batasan yang digariskan untuk kita oleh sang khaliq agar kita syukuri. Dan yang pasti bagaimana mungkin Allah S.W.T akan memberikan lebih kepada kita sementara itu semua akan membuat kita lupa untuk selalu bersyukur.

Mari kita coba merenung begitu banyak manfaat yang telah diberikan oleh sang pencipta kepada kita, mulai dari bentuk tubuh, kemampuan atau fungsi organ yang lengkap, kemapuan untuk melakukan sesuatu sampai kepada hirupan nafas yang saat ini masih berfungsi dengan baik. Dan yakinlah apabila itu selalu kita syukuri maka tidak ada yang tidak mungkin didunia ini untuk bisa kita capai.

Jangan terlalu menyalahkan keadaan, jangan kita mencari kambing hitam bahkan sampai kepada mengatakan bahwa Allah S.W.T tidak adil kepada kita. Tapi hal terbesar dari semua mimpi kita untuk kebahagian yang hakiki adalah kita sendiri. Dan apabila syukur itu bisa kita amalkan dalam keadaan kita dibumi ini, maka Insya Allah, apapun yang kita impikan akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar