Senin, 24 Mei 2010

Indonesia Raih Medali Emas pada Kejuaraan Internasional Wushu ke-8 Hong Kong

Atlet Indonesia kembali mengukir prestasi internasional. Kali ini sebanyak 6 atlet wushu dan tai chi (tai ji quan) berhasil menjadi juara pada “The 8th Hong Kong Wushu International Championship,” yang diselenggarakan oleh Hong Kong Wushu International Festival Committee pada 12 – 14 Maret 2010.
Indonesia yang kali pertama ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tahunan ini diwakili oleh atlet wushu dan tai chi dari Perkumpulan Dong Yue Tai Ji Quan Indonesia yang diketuai oleh Tjandra Herawati Widjaja.
Kejuaraan yang dilaksanakan di Asia World Arena, Hong Kong, diikuti lebih dari 28 negara. Enam atlet Indonesia turun dalam nomor beregu dengan dan tanpa alat, individu dalam permainan pedang, tongkat, jurus 24 dan jurus 42. Untuk kategori beregu, Indonesia berhasil memperoleh Championship for Group Apparatus dan Championship for Group Quanshu. Untuk kategori individu tai chi, para atlet berhasil memenangkan 7 medali emas, 3 medali perak dan 1 medali perunggu.
Dalam kesempatan ramah tamah dengan Konsul Jenderal RI Hong Kong, Ketua Asosiasi Dong Yue Tai Ji Quan menyampaikan bahwa kemenangan Indonesia pada ajang pertandingan Wushu bertaraf internasional ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya para atlet telah ikut dan memenangkan pertandingan serupa di Beijing (RRC), Taiwan, Korea Selatan dan Singapore. Umumnya olahraga ini ditekuni para manula, namun kini banyak juga kaum muda yang menekuninya.
Pada kesempatan itu, 2 orang atlet tai ji quan sempat memperagakan salah satu rangkaian gerakan tai chi. Dijelaskan bahwa untuk dapat menampilkann gerakan yang cukup halus diperlukan latihan sedikitnya 5 tahun.

Konsul Jenderal RI menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaannya kepada para atlet yang telah berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, sebagai bagian dari upaya pelaksanaan diplomasi total. Selain itu, diharapkan melalui keikutsertaan dalam kegiatan ini dapat dijalin hubungan budaya yang lebih erat antara Indonesia dan China/Hong Kong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar